Minggu, 02 September 2012

DOA AWAL TAHUN DAN DOA AKHIR TAHUN

Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun

doa awal tahun dan doa akhir tahun 150x150 Doa Awal Tahun dan Doa Akhir TahunPada tanggal 27 november ini kita akan meninggalkan tahun 1432 Hijriyah dan memasuki  tahun baru Hijriyah 1433. Dan sebagai seorang muslim perlu kiranya untuk mengetahui doa awal tahun dan doa akhir tahun yang akan dibaca menghadapi tahun baru ini. Tahun 1432 Hijriyah akan berakhir pada hari Sabtu sore jam 17.39 WIB (kalender nasional dan  jadwal sholat untuk Jateng & DIY) yaitu waktu berakhirnya sholat ashar dan pada jam 17.43 adalah saat  masuknya sholat maghrib yang juga merupakan awal dari tahun baru Hijriyah 1433. Pada saat menjelang  akan berakhirnya waktu asar  itulah saat yang paling utama  kita membaca doa akhir  tahun tetapi doa ini bisa saja dibaca setelah sholat ashar. Jika waktu ini sudah lewat sedangkan kita belum membaca doa akhir tahun maka cukup bagi kita membaca doa awal tahun.

Doa Akhir Tahun

Doa ini dibaca 3 kali setelah sholat ashar atau pada akhir waktu ashar sebelum masuk waktu Maghrib (waktu yang paling utama) pada akhir bulan Zulhijjah.

Manfaat Membaca Doa Akhir Tahun

Orang yang membaca doa akhir tahun ini akan diampuni Allah dosa-dosanya yang ia perbuat selama satu tahun yang lalu. Rasulullah SAW bersabda : “ Barang siapa yang membaca doa ini maka syaitan akan berkata:
“Kesusahan bagiku dan sia-sialah pekerjaanku menggoda anak Adam pada setahun ini dan Allah membinasakan aku satu saat juga. Dengan sebab membaca doa ini, Allah mengampuni dosanya selama setahun.”
Inilah lafadz doanya :
doa akhir tahun Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun
Artinya :
“Dengan nama Allah yang MahaPengasih dan Lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam. Selawat dan salam terhatur ke  junjungan kami Nabi Muhammad s.a.w. serta keluarga beliau  dan para sahabatnya.
Ya Allah, sesungguhnya pada tahun ini aku telah melanggar laranganMu tetapi aku masih belum bertaubat sedangkan Engkau tidak ridho dan tidak melupakan perbuatan itu dan Engkau menangguhkan adzabMu yang telah ditetapkan kepadaku supaya aku bertaubat dari kesalahan itu. Sesungguhnya pada hari ini aku memohon ampunanMu, ampunilah aku dan apa yang telah aku lakukan pada tahun ini.  Dan perkara yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahalanya  maka aku memohonnya dari Engkau. Ya Allah, janganlah Engkau putuskan harapanku kepadaMu Wahai Yang Maha Mulia; Dzat yang mempunyai Keagungan dan Kemuliaan.
Selawat dan salam selalu terhaturkan kepada tuan kami nabi Muhammad SAW beserta keluarga beliau dan para sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam”…Amin…
 Untuk yang belum mampu membacanya dengan bahasa aslinya (arab) bisa membaca doa ini dengan bahasa Indonesia (artinya).

Doa Awal Tahun

Setelah masuk waktu maghrib dan sholat ditunaikan maka saat inilah kita membaca doa awal tahun
Doa ini dibaca 3 kali selepas maghrib pada malam satu Muharram.

Manfaat Membaca Doa Awal Tahun

Barang siapa yang membaca doa awal tahun ini  maka dia akan dilindungi oleh Allah pada tahun ini dari fitnah syetan.Rasulullah SAW bersabda :  “Barang siapa yang membaca doa awal tahun ini maka syaitan berkata:
“Telah amanlah anak Adam ini dari godaan pada tahun ini karena  Allah telah mewakilkan dua Malaikat memeliharanya dari fitnah syetan.”
 Inilah lafadz doanya:
doa awal tahun Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun
Artinya :
“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara sekalian alam. Selawat dan salam terhatur kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW  serta keluarga beliau dan para sahabatnya. Ya Allah, Engkaulah yang kekal abadi untuk selama-lamanya. Demi kelebihanMu yang Maha Agung dan kemurahanMu yang melimpah, sesungguhnya pada tahun ini aku memohon perlindungan kepadaMu dari syaitan yang terkutuk, kekasih-kekasihnya dan tentara-tentaranya dan aku berlindung kepadaMu dari nafsu amarah yang senantiasa mendorong kearah kejahatan dan memohon kepadaMu agar senantiasa aku mendekatkan diriku kepadaMu. Selawat serta salam terhaturkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta keluarga beliau dan para sahabat. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara  sekalian alam”….Amin…
Bagi yang belum mampu untuk membaca doa awal tahun ini dengan bahasa aslinya (arab) bisa membacanya dengan bahasa Indonesia (artinya).
Semoga doa awal tahun dan doa akhir tahun ini bermanfaat bagi kaum muslimin dan muslimat, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar