Selasa, 04 September 2012

LIMA PERKARA PENYEJUK HATI


Alhamdulillah atas segala karunia dan nikmat Alloh Subhananu wataala kepada kita semua , sehingga rasa syukur kita tidak pernah terhentikan dari lisan kita untuk bertahmid “ alhamdullilah , bertasbih “ subhanaalloh” , dan kita semua tidak mampu untuk mendatangkan suatu kenikmatan walau sekecil lalat sekalipun “: La haula wala kuwata illa billah “ .Maka kenikmatan yang mana yang kita ingkari ? karunia yang manakah yang kita dustakan ? semua datangnya dari Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang “ Ar Rahmah” dan Ar Rahim .
Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Sholallohu Alaihi Wasalam , keluarganya, dan para sahabat yang mengikuti beliau sampai akhir hidup mereka . tanpa mereka tidak mungkin kita bisa menghirup indahnya Islam dan nikmatnya Iman seperti yang mereka pernah dapatkan dimasa rasulloh dan generasi terbaik yang pernah disanjung dan dipuji Alloh SWT, dalam al Qur’an N al karim , “ kalian adalah sebaik-baik generasi yang dilahirkan untuk umat manusia ini “ . .
Apabila kita perhatikan dan cermati kehidupan umat manusia sekarang ini maka kita akan mendapatkan dan mendengarkan beberapa keanehan, kajanggalan , keterpurukan, bencana alam , masalah-masalah sosial, ekonomi dan segala macam derita dan selalu dialami oleh umat Islam sekarang ini . merupakan sunnatullah bahwa hal-hal tersebut diatas terjadi maka semua orang akan mengalaminya baik itu muslim ataupun orang kafir.Alloh SWT telah menggambar hal ini dalam firman Nya :
)) ظهر الفساد في البر والبحر بما كسبت أيدي الناس )) الروم 41
“ Telah muncul kerusakan di bumi dan di lautan dengan sebab tangan / ulah manusia “ Arrum- 41.
Akibat ulah tangan manusia dengan berbagai macam cara yang cepat atau lambat dengan akibat bumi dan lauatan akan semakin rusak. Bencana alam yang menimpa bangsa ini silih berganti bardatangan membuat orang bosan akan kehidupan ini atau alam pun ikut bosan dengan manusia. Kedangkala keimanan yang lemah dhoful Iman akan menjadikan mereka berputus asa, berburuk sangka, beranggapan negatif kepa AL Khaliq Alloh Swt, betapa hinanya mereka lebih hina dari pada orang kafir qurasy yang tinggal di mekah sebelum datangnya risalah nabi Muhammad Saw, kondisi mereka lebih baik dari orang-orang yang bersuudzon dan berbuat negatif kepada Alloh SWt ketika ada musibah. Orang kafir qurasy melupakan akan karunia Alloh Swt ketika mereka mendapatkan keluasan rizki, anak, dan kedudukan tetapi apabila datang kepada mereka bencana mereka khusu’ meminta kepada Alloh mereka tidak menyekutukanNya dengan Al Lath, Uzza, dan Manath nama-nama sesebahan mereka yang ada disekitar ka’bah.
Umat Islam yang terkenal mayoritas di negri ini , sebetulnya membutuhkan seorang dokter specialis yang akan menyembuhkan penyakit mereka, jumlah yang besar dan gemuk ini ternyata sudah terjangkit penyakit hati , rasa suu dzon, lemah iman, syirik kepada Alloh, deman maksiat, mengikuti hawa nafsu, mengikuti jejak syaitan dan lainnya menjadikan hati mereka sakit sehingga mereka menjadikam dunia sebagi goal setting dan dan ingin awet muda alias benci mati sebagai make up dan lipstick yang semu menjadikan semakin matinya hati seseorang. Telah diriwayatkan dari sahabat Tsauban r.a :
يوشك الأمم أن تداعى عليكم كما تداعى الأكلة إلى قصعتها فقال قائل ومن قلة يومئذ ؟ قال بل أنتم يومئذ كثير ولكنكم غثاء كغثاء السيل ولينزعن الله من صدور عدوكم المهابة منكم وليقذفن في قلوبكم الوهن فقال قائل : يا رسول الله وما الوهن؟ قال حب الدنيا وكراهية الموت . رواه أبو داود
“ Hampir saja umat manusia memperebutkan atas kalian seperti orang yang sdg makan memperebutkan makanan yang ada di piring besar mereka ( nampan ) , ada seorang yang bertanya , Apakah kita minorotas pada waktu itu ? kemudian Rasullah menjawab : Bahkan kalian adalah mayoritas akan tetapi kalian seperti busa lalutan , dan Alloh SWT mencabut rasa takut musuh kalian dan memberikan rasa Al Wahan dalam hati kalian . “ maka seorang bertanya Wahai Rasulloh apakah al Whan itu ? Beliau menjawab : “ Cinta akan kehidupan dunia dan membenci kematian . H.r Abu Dawud.[1]
Penyakit Al wahan inilah yang menjadi bibit unggul segala penyakit hati yang lainnya , menjadikan orang lupa akan akhirat dan sangat mencintai kehidupan yang fana ini mengabaikan yang abadi selama-lamanya diakhirat , mereka menyangka mereka akan kekal selamanya di dunia ini , melihat kiamat masih jauh dan mustahil terjadi , meramal kiamat dengan prediksi akal yang lemah . akibat dari ini semua mereka terjangkit penyakit hati dan mengkosongkan dzikir mengingat kebesaran Alloh dari hati mereka , sebaliknya kalau ada dalam hati seseorang kebesaran Alloh SWT mengakar dan tumbuh subur didalam hatinya dia tidak akan mungkin untuk berani berbuat kemasiatan kepada Alloh SWT,mungkin selaluada yang membisikkan didalam hati kita , kalau kamu berbuat maksiat toh ampunan Alloh selalu akan datang menghampirimu jngan takut dan jangan sedih teruskan saja ! subhanalloh apa mereka tidak sadar kebesaran Alloh yang selalu kamu ingat dalam hati kamu justru akan menghalangi kamu berbuat kema’siatan dan orang yang berbuat maksiat justru dia mengurangi rasa kebesaran Alloh yang ada di dalam hatinya.[2] Kerincuan ini yang selalu disebarluaskan oleh kelompk sempalan Islam seperti Murjiah yang berkeyakinan bahwa kemaksiatan ataupun dosa tidak akan berpengaruh kepada iman seseorang .dan ini sangat bertentangan dengan keyakinan ahlu Sunnah wal Jamaah dalam masalah iman .

Tombo Ati “Penyembuh Penyakit Hati” :
Ibarat tubuh kita , setiap hari kita selalu mengharapkan proteksi untuk kekebalan tubuh kita . antibodi tubuh dari seluruh penyakit yang akan menyerang kita selalu kita siapkan, tombo ati yang akan meproteksi diri kita dari penyakit hati .Istilah tombo ati sudah ada dalam Islam dalam bentuk ajaran-ajaran yang riil yang diajarkan Islam melalui Nabi kita Muhammad Saw , Islam telah datang dengan kesempurnaan , Islam datang memberikan solosi tepat kepada umat agar tidak menyimpang dari garis yang lurus sirathal mustaqim, meluruskan hati manusia karena Islam adalah agama fitrah dan setiap yanhg lahir didunia ini berada dalam fitrah , seperti sabda nabi : Setiap yang lahir dilahirkan secara fitra, orang tuanya lah yang akan membawa mereka kedalam agama yahudi dan nashroni ( Hsr Bukhari –Muslim ). Terapi tombo ati salah satunya , suatu alunan puisi yang kerap di lantunkan oleh penda’wah islam melalui masjid , surau dan majlis-majlis ta’lim, secara turun menurun di wariskan suatu generasi kepada generasi yang dibawahnya tanpa bosan dan jemu , sudah menjadi iringan lagu ketika menina bobokan anaknya, tapi inilah kelemahan kita puisi yang besar maknanya bagi hati kita,hanya bisa kita lalui begitu saja bagai angin pagi yang berhembus, hanya dirasakan nyaman didengar dan dihirup tanpa penghayatan yang matang. Inilah kondisi pengajian-pengajian kita sekarang ini, hanya sebatas dongeng , cerita , bualan dan ketawaan orang dan itu yang trend sekarang ini . Amat bodoh umat ini tidak menjadikan pendahulu mereka sebagai contoh mampu menyerap Islam dengan benar dan merealisasikan dalam kehidupan setiap harinya. Mereka lebih senang kepada yang ketenaran di masyarakat meskipun dia seorang yang bodoh sekalipun tidak berilmu tentang agama ini dijadikan sebagai narasumber dalam berbagai macam urusan agama.berlata Rasullah SAW: “ Akan datang kepada kalian suatu jaman yang penuh tipuan yang mana mereka mebenarkan orang yang berdusta , mempercayakan orang yang berbuat Khianat dan menyampingkan orang-orang yang jujur dan akan berbicara didepan kalian Ar Ruwaibidhoh , para sahabat bertanya , siapakah itu ruwaibidhoh ? nabi menjawab : Orang yang bodoh berbicara tentang urusan orang banyak .”[3]
Inilah , kondisi kita yang hakiki , mayoritas orang yang terjangkit penyakit hati ingin sembuh , namun mereka salah memilih obatnya . tombo ati akan menjawab dan menyembuhkan diri dari penderitaan ini :
Baca Al Qur’an Al Karim dan maknanya:
Al Quran merupakan kalam Alloh Swt dan bukan makhluq seperti kita , dan menurut prinsip Ahlu Sunnah Wal Jamaah al qur’an tidak boleh dikatakan sebagai makhluq . Imam Ahmad R.a adalah seorang Imam yang teguh memperjuangkan masalah ini sehingga beliau mendapat julukan Imam Ahlu Sunnah Wal Jamaah. AL Qur’an merupakan petunjuk bagi orang-orang yang beriman :
" الم ذلك الكتاب لا ريب فيه هدى للمتقين " البقرة 1-2
( ( Alif Lam Min , Kitab Al qur’an itu tidak ada keraguan didalamnya , dan merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa )) al Baqoroh 1-2.
Alloh SWt telah menerangkan didalam Al Qur’an tentang cerita orang-orang pendahulu sebelum kita, menceritakan tentang penciptaan langit dan bumi , menerangkan halal dan haram, menerangkan akhlaq budi pekerti yang mulia, hukum-hukm ibadah, jejak para nabi dan rasul, balasan orang-orang yang beriman dan orang-orang kafir, menggambarkan tentang sorga dan neraka, menjadi obat hati seorang yang sakit , petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Wajib atas umat ini untuk mengikuti dan berhukum dengan Al Qur’an dengan meruju’ hadits nabi Saw yang shohih dan benar yang diajarkan oleh beliau dan bukan memahaminya dengan akal pikiran biasa yang penuh dengan keterbatasan. :
" وأنزلنا إليك الذكر لتبين للناس ما نزل إليهم ولعلهم يتفكرون "
(( Dan Kami turunkan Adz Dzikro ( Al Qur’an ) kepada engkau ( Muhammad ) agar engaku menjelaskan kepada manusia tentang apa-apa yang telah diturunkan kepada mereka supaya mereka berpikir ))[4]
Al Qur’an yang mulia tidak diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dengan cara sekaligus, akan tetapi berangsur-angsur sesuai dengan kejadian atau merupakan jawaban problematika kehidupan yang pernah ditanyakan Nabi kepada Alloh Swt selama kurang lebih 23 tahun ketika Nabi Saw berada di Makkah dan Madinah dengan disaksikan oleh sahabat-sahabat beliau .Al Qur’an yang mulia tidak diturunkan dengan sia-sia , bukan hanya sebatas bacaan wajib umat islam saja , atau di alun-alunkan dengan suara emas, dilengkingkan dengan nafas yang panjang, di lombakan dalam musabaqoh tilawah akan tetapi Islam mengajarkan kita untuk belajar memahami Al Qur’an mengahafalkan ayat-ayatnya mempelajari tafsirnya dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari .
" كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته وليتذكروا أولوا الألباب "
(( Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepada kamu dengan penuh berkah supaya mereka meperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran ))[5]
Nabi Saw bersabda :
" من قرا حرفا من كتاب الله فله به حسنة والحسنة بعشر أمثالها ولا أقول ألم حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف " رواه الترمذي
“ Barang siapa yang menbaca satu huruf dalam al Qur’an maka dia kan mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan dengan 10 kali lipat dari yang sejenisnya, aku tidak katakan ALIF LAM MIN satu huruf akan tetapi alif satu huruf lam satu huruf min satu huruf “ .[6]

2. Mengerjakan sholat Malam l Qiyamul Lail :
Mendirikan dan mengerjakan sholat malam merupakan hal yang kedua , Alloh SWT banyak menceritakan tentang sholat malam/ qiyamul lail ini dalam surat al Muzammil ayat 1 sampai dengan ayat yang ke 20 . sholat malam banyak sekali menyembuhkan penyakit hati dan al wahan seperti hadits yang tersebut diatas. Dengan sholat malam sesorang akan bisa memberikan banyak hal dalam kehidupannya sehari-hari , ada 4 hal yang sangat penting yang dihasilkan oleh qiyamul lail :
Akan menjadikan dia lebih khusu’ baca al Qur’an dan memahami maknanya.
Menjadikan drinya sebagai orang yang khusu’ dalam berdzkir.
Menjadikan dirinya orang yang memiliki rasa tawakal kepada Alloh yang tinggi.
Menjadikan dirinya sebagi orang yang sabar akan cobaan dan celaan orang.
Alloh SWT memuji orang-orang yang melakukan qiyamul lail , didalam banyak ayat , salah satunya adalah , surat Ad Dzariyat ayat 15 – 19 : (( Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa kepa Alloh SWT didalam Suga Nya yang mengalir dibawah mata air, Mereka akan mendapatkan apa yang Allah SWT berikan kepa mereka karena mereka telah berbuat baik sebelumnya, yaitu mereka sedikit sekali tidurnya karena mereka melakukan qiyamul lail )). Nabi kita juga menceritakan tentang keutamaan orang-orang yang selalu melakukan qiyamul lail seperti dalam sabda beliau berikut ini :
(( عليكم بقيام الليل فإنه داب الصالحين من قبلكم وهو قربة لكم إلى ربكم ومكفرة للسيئات ومنهاة عن الإثم ))
“ Hendaklah kalian mengerjakan qiyamul lail sholat malam karena itu adalah kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian dan merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian dan bisa menggugurkan dosa-dosa kalian dan mencegah dari perbuatan dosa “ .[7]
(( أتاني جبريل فقال يا محمد عش ما شئت فإنك ميت وأحبب من شئت فإنك مفارقه ، واعمل ما شئت فإنك مجزي به ، واعلم أن شرف المؤمن قيام الليل وعزه استغناءه عن الناس ))
“ Malaikat Jibril pernah medatangiku , maka dia berkata kepadaku : Wahai Muhammad hiduplah sesuai dengan kehendakmua karena sesungguhnya engkau akan mati, cintailah sekehendak engkau karena orang yang engkau cintai akan meninggalkan kamu , beramallah sesuka engkau karena engkau akan diberikan pahala disisinya, ketahuilah sesungguhnya kemulyaan seorang mukmin itu dikarenakan dia menjalankan qiyamul lail dan kebesarannya dengan tidak meminta kepada manusia .”[8]
Berkata Al Hasan al Basri : “ Aku tidak pernah melihat dan mendapatkan suatu ibadah yang lebih berat rasanya dari sholat dioertengahan malam , maka dikatakan kepada beliau : Kenapa kita mendapatkan orang-orang yang melakukan tahajud itu memiliki cahaya dalam wajah mereka ? beliau menjawab: Karena mereka suka menyepikan dirinya diwaktu malam untuk bertemu dengan Alloh SWT maka Alloh SWT berikan cahaya memberkas dalam wajahnya..” [9]
Tingkatan-tingkatan menjalankan Qiyamul lail :
Mengerjakannya semalam penuh seperti yang pernah dilakukan oleh salaf sholih.
Mengerjakannya dalam waktu sebagian malam saja.
Mengerjakannya dalam waktu sepertiga malam saja..
Mengerjakannya dalam waktu seperenam malam atau seperlima malam.
Mengerjakannya dalam waktu sempit sebelum masuk waktu subuh dengan jarak 4 rakaat atau 2 raakat.[10]

3.Berkumpul Dengan Orang-orang Sholeh.
Berkumpul dengan orang-orang yang sholeh artinya bergaul dengan mereka, menjadi komunitas mereka, saling membantu sesama, layaknya kita memperlakukan mereka sebagai saudara kandung kita sendiri . bergaul dengan orang-orang yang sholeh merupakan tututan kehidupan kita sekarang ini, dengan maraknya pergaulan bebas yang semakin merebak dimasyarakat sehingga tidak jelas mana yang Al Haq dan Al Bathil dalam praktek kehidupan sehari-hari.Rasululloh Saw pernah bersabda tentang Al Jalis As Sholeh dengan al Jalis As Suu’, ibarat kita berteman dengan penjual minyak wangi dengan seoarang pandai besi.
(( عن أبي موسى الأشعري عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : " مثل الجليس الصالح والجليس السوء كحامل المسك ونافخ الكير فحامل المسك إما أن يحذيك وإما أن تبتاع منه وإما أن تجد منه ريحا طيبة ونافخ الكير إما أن يحترق ثيابك وإما أن تجد منه ريحا خبيثة ))
“ Dari Abi Musa Al Asy’ary dari Nabi Saw beliau berkata : Perumpamaan orang yang bergaul dengan orang sholeh dan orang yang bergaul dengan seorang yang berakhlaq buruk, bagaikan bergaul dengan penjual minyak wangi/ misk , engkau akan mencobanya atau engkau akan membelinya atau engkau akan mendapatkan bau yang harum , dan orang yang bergaul dengan orang yang jelek bagaikan dia bergaul dengan pandai besi yang mungkin baju yang engakau pakai akan terkena api sehingga terbakar atau engakau mendapatkan bau yang tidak sedap melekat di badan” .[11]
Teman adalah orang yang terdekat yang paling berpengaruh dan akan mewarnai dalam kehidupan kita seperti perkataan Nabi Saw :” Seseorang itu berada didalam agama saudaranya maka hendaklah dia melihat dengan siapa dia berteman “ .[12] Kita mungkin mengelak bahwa : Oh saya bisa menjaga diri ,banyak sekali contoh yang menerangkan sampai kita tahu burung yang ada di langit selalu bersama-sama dengan komunitasnya. Rasulloh Saw pernah menceritakan dalam sebuah hadits , bahwa seorang yang memiliki kandang kuda atau onta dan memeliharanya akan kita lihat selalu sombong mengangkat kepalanya seperti layaknya onta dan kuda yang selalu kepala diatas, namum orang yang memiliki dan menggembala kambing dia selalu menundukkan kepala bagaikan kambing yang sedang menundukkan kepalanya untuk mencari rumput dan makanan, orang yang mengendarahi mobil yangmewah berdeda dengan orang yang sedekar memiliki mobil butut , kita melihat perbedaan dalam cara berpakaian, cara jalan dan cara berdandan.
Dengan kejadian alam ini semua jelas bagi kita bahwa penggemar orang-orang sholeh akan mendapatkan faedah dan keutamaan tersendiri dan terrangkum dalam hal-hal berikut ini :
1. Orang-orang yang sholeh akan akan selalu mengingatkan kita kepada yang benar Al Haq dan memotivasinya agar kita mecintainya.
2. Orang-orang yang sholeh selalu mengajak kita untuk mecintai kebaikan dan selalu mengajarkan untuk berbuat zuhud.
3. Orang-orang sholeh selalu mengajarkan yang haq dan tidak pernah menjadikan keraguan dalam al haq yang kita amalkan .
4. Orang-orang sholeh adalah wali-wali Alloh dan tentara-tentara kebenaran.
5. Orang-orang sholeh selalu menasehatkan kita agar menjauhi dosa dan menggambarkan dosa-dosa kecil besar dimata mereka apalagi dosa-dosa besar.
Penyesalan yang akan terjadi nanti apabila kita berteman dengan orang-orang yang buruk budi pekerti ( bejat akhlak), mereka semua akan berlepas diri dengan kita , mereka akan mengurusi diri mereka sendiri dihadapan Alloh SWT dan untuk menolong dirinya pun tidak bisa.[13]

4.Perbanyaklah berpuasa :
Berpuasa adalah salah satu cara mendekati diri kepa Alloh SWt, dan puasa memiliki dua pengaruh yang kuat kedalam hati kita :
Puasa merupakan , amalan hati yang paling rahasia karena antara dia dengan Alloh saja lah yang tahu apakah dia berpuasa ataupun tidak .
Puasa merupakan perbuatan yang akan membuat kecemburuan setan karena segal macam senjatanya tidak mampu menipunya, dalam hal ini adalah nafsu dan sahwat makan dan minum.
Puasa merupakan cara untuk melatih diri kita agar senantiasa mejalankan perintah-perintah Nya dan menjauhi larangannya.

Hadits –hadits tentang puasa :
1.(( كل عمل ابن آدم له الحسنة بعشر أمثالها إلا الصيام فغنه لي وأنا أجزي به ترك شهوته وطعامه وشرابه من أجلي للصائم فرحتان فرحة عند فطره وفرحة عند لقاء ربه ولخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المشك ))
Setiap amal anak adam adalah untuknya , kebaikan akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat, kecuali puasa , puasa itu untuk KU ( Alloh SWT) dan Aku sendiri yang akan menganjarnya dia telah meninggalkan sahwatnya, makanannya, minumannya karena mengharapkanku , bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagian , yaitu ketika dia berbuka puasa dan ketika bertemu dengan Alloh SWT, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum disisi Alloh dari pada bau minyak kasturi. ( H.r Nasai ).
2.عن ابن عمرو أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : الصيام والقران يشفعان للعبد يوم القيامة يقول الصيام اي رب إني منعته الطعام والشهوات بالنهار فشفعني فيه ويقول القران رب منعته النوم بالليل فشفعني فيه فيشفعان – رواه أحمد في المسند –
2. Dari Ibnu Amr bahwasannya Rasulullah Saw bersabda : Puasa dan Al Qur’an akan memberikan syafa’at pertolongan nanti di hari kiamat , maka berkatalah Asshiyam/puasa ,” Ya Tuhanku aku telah melarangnya dari makanan dan syahawat diwaktu siang hari maka berikan syafaat kepadaku untuk dia , berkata al Qur’an : Ya Tuhanku akan telah mehalangi tidurnya karena membacaku diwaktu malam maka berikanlah syafaatmu kepadaku untuk dirinya , maka keduanya memberikan syafaat. H.r Imam Ahmad dalam kitab al Musnad.

4. Perpanjang Dzikir Malam:
Tidak diragukan lagi setiap orang kenal dengan kata-kata dzikir dan tidak asing lagi di telinga kita , dzikir merupakan alat untuk medekatkan diri kepada Alloh Swt .
(( يأيها الذين آمنوا اذكروا الله الله ذكرا كثيرا )) الأحزاب 41
(( Wahai Orang-orang yang beriman berdzikirlah kalian kepada Alloh dengan dzikir yang banyak )) al Ahzab 41.
Berdzikir adalah mengingat Alloh SWT dengan cara menyebut nama-nama dan sifat-sifat Alloh yang mulia , dan mengikuti contoh tuntunan rasulloh Saw dalam berdzikir kepada Alloh SWT. Seseorang yang tidak pernah melakukan dzikir kepada Alloh SWT maka dia akan merugi di hari kiamat:
عن عائشة قالت قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ما من ساعة تمر بابن آدم لايذكر الله تعالى فيها إلا تحسر عليها يوم القيامة .
“Dari Aisyah dia berkata , berkata Rasullah Saw : Tidaklah ada suatu waktu yang akan melewati anak adam dan dia tidak berdzikir kepada Alloh SWT maka dia akan merugi dihari kiamat .” [14]
Banyak sekali hadits –hadits Rasulloh Saw yang menerangkan tentang dzikir ini akan tetapi disana ada manfaat dan faedah penting dari dzikir itu sendiri yang saya akan ringkaskan dari kitab al adiyyah wal adzkar sebagai berikut ini :
Dzikir itu akan mendatangkan kebahagian dan kelapangan hati bagi diri kita , ketentraman , kenyamanan dan kepausan hati yang luar biasa jauh dari pada kepenatan dunia yang mebosankan ini .
Dzikir akan menghapuskan dosa-dosa dan akan menyelamatkan dia dari adzab dan sengatan api neraka.
Dzikir akan mengahasilkan ganjaran dan pahala dari Alloh SWT yang tidak ada pada jenis amalan lain.
Dzikir adalah adalah tanaman kita disorga kelak , sorga itu memilik tanah yang subur , dan dzikir adalah tanamannya yang akan berkembang terus.
Dzikir akan menjadi cahaya bagi diri dia di dunia ini , akan menjadi cahaya di kuburannya kelak, akan menjadi cahaya ketika kita melewati sirat mustakim.
Dzikir akan menjadikan pelakunya mendapatkan sholawat dari Alloh SWT dan para malaikat Nya.
Dzikir merupakan sebab pemantapan keimanan seseorang kepada Alloh SWT.
Dzikir merupakan obat penyembuh dari penyakit hati .
Dzikir akan mendekatkan sesorang kepada Allh dan kebersamaan Alloh selalu ada bersama dirinya.[15]
Mudah-mudahan dengan tombo Ati kita bisa terbebas dari penyakit-penyakit hati yang selama ini mebikin kelam hati kita dan meninggalkan noda-noda hitam yang selalu membekas didiri kita.amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar