Sabtu, 01 September 2012

lima perkara menuju surga

Kita ini makhluk yang sering terlena, pelupa,dan juga makluk penunda. Barangkali sangat sedikit dari kita yang pernah membayangkah betapa banyak waktu terbuang sia-sia dalam hidup kita hanya untuk hal-hal percuma. Betapa banyak harta yang juga sia-sia untuk hal-hal yang salah dan tak berguna, yang paling parah adalah betapa banyak nikmat sehat dan masa muda yang tak kita manfaatkan untuk kebaikan tetapi justru terabaikan dan menumpuk dosa.
Saya kembali teringat petuah orang tua saya dulu. Sejatinya dalam hidup,manusia tak akan pernah terlepas dari 5 (lima) perkara yang selalu memiliki lima perkara berikutnya sebagai penyeimbangnya.
Hadis Nabi tentang “lima perkara sebelum lima perkara” itu maksudnya adalah supaya kita mempergunakan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sebelum hilangnya kesempatan tersebut, yakni:
1. “Jagalah MASA MUDAMU SEBELUM DATANG MASA TUAMU”.
Masa muda hendaklah dipergunakan sebaik-baiknya untuk mencapai kebaikan, kesuksesan, dan keberhasilan, karena masa mudalah kita mempunyai ambisi, keinginan dan cita-cita yang ingin kita raih, bukan berarti masa tua menghalangi kita untuk tetap berusaha mencapai keinginan kita, tapi tentulah usaha masa tua akan berbeda halnya dengan usaha saat kita masih muda. Maka dari itu masa muda hendaklah diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat hingga tidak menyesal di kemudian hari.
Allah sangat menyukai orang yang muda yang rajin beribadah tetapi bukan berarti orang tua beribadah tidak boleh,tidak ada kata terlambat untuk berbuat kebaikan dan ibadah serta bertobat. Allah mahapengampun dan maha mengetahui mana-man yang terbaik untuk Umat-Nya
2. “Jagalah MASA LUANGMU SEBELUM DATANG MASA SIBUKMU”.
Disini kita dianjurkan untuk menghargai waktu, agar bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, menengok saudara ketika ada kesempatan sebelum kesibukan menghampiri kita, hingga tidak sempat lagi untuk sekedar mengunjungi kerabat.
Banyak Orang sekarang ini hampir tidak ada waktu hanya untuk melaksanakan shalat,padahal paling lama waktu untuk shalat cuma 10 menit,tetapi kalu sudah main games atau alasan pekerjaan jangankan 10 menit,berjam- jam pun manusia dapat melewatinya…Astaghfirullah…..
3. “Jagalah WAKTU SEHATMU SEBELUM DATANG WAKTU SAKITMU”.
Hal ini juga anjuran agar kita senantiasa waspada pada segala kemungkinan yang sifatnya diluar prediksi manusia, seperti halnya sakit. Sakit disini bukan sebatas sakit jasmani, tapi juga sakit rohani. Maka ketika kita sehat jasmani-rohani, hendaknya kita senantiasa mempergukannya untuk hal-hal yang bermanfaat tanpa mengulur-ngulur waktu.
Dikala sehat semua orang dapat berbuat apa saja..ingat..kesehatan juga titipan Allah…Jagalah sehatmu dengan selalu beribadah dan bekerja di jalan Allah
4. “Jagalah WAKTU KAYAMU SEBELUM DATANG WAKTU MISKINMU”.
Jika kita selama hidup di dunia ini di beri Allah rezeki & harta yang melimpah, maka gunakanlah harta kita sebaik-baiknya untuk mendapatkan pahala dari ALLAH yakni dengan bersedekah, menbelanjakan harta di jalan ALLAH, ingatlah bahwa dari setiap harata yang agan miliki itu 2,5%nya ada hak orang lain dan bakalan dapat balasan dari
ALLAH, yang tidak pernah kita sadari dari mana datangnya, dan apa penyebabnya. Namun jika sudah tiba saatnya harta kita di ambil oleh ALLAH barulah kita sadar, dan baru mau bersedekah tapi pakai apa, terlanjut hartanya sudah abis atau hilang. Oleh karena itu sebelum hal itu terjadi gunakanlah apa yang kita punya untuk mengharapkan ridho dari ALLAH SWT,
Orang dikala kaya jarang sekali memikirkan kalu tiba- tiba jatuh miskin,kaya disin tidak hanya kaya akan materi tapi juga yang dimaksud kaya hati..Setiap orang pasti ingin selalu kaya..ingatlah..harta yang Engkau punya sekarang hanyalah Titipan…kapanpun Allah mau semua itu dapat di ambil-Nya dengan mudah…Belanjakan dan habiskan lah hartamu semua di jalan Allah…Insya Allah..Allah akan Ridho dan akan menambahkan Rezekimu.
5. “Jagalah HIDUPMU SEBELUM DATANG MATIMU”.
Hal yang terakhir ini merupakan cakupan dari empat hal diatas. Ketika kita diberi kehidupan maka hidup yang diberikan pada kita itu sebenarnya merupakan kesempatan yang tiada duanya. Karena kesempatan hidup tidak akan datang untuk kedua kalinya. Kehidupan harus dijalani sesuai tuntutan kemaslahatannya.
Kematian itu pasti akan datang kepada setiap makhluk hidup..tidak usah takut akan kematian..yang perlu ditakuti adalah persiapan dan bekal jika kita mati…kuncinya adalah ibadah dengan Ridhodan Ikhlas dalam menjalankan apa-apa saja yang sudah menjadi kehendak dan takdir Allah baik takdir baik ataupun Buruk..Allah Maha Mengetahui Apa-apa Yang menjadi terbaik Untuk Umat-Nya .
Lima hal itu merupakan inti misi dan visi hidup manusia, karena kunci kesuksesan itu terletak pada bagaimana kita “mempergunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya”.
Mempergunakan kesempatan adalah bentuk pasrah pada upaya & usaha, bukan pada hasil. Prinsip pasrah pada upaya & usaha akan membentuk jiwa yang teguh, tegar, kuat, dan tidak mudah putus asa. Bila suatu saat upaya kita belum menghasilkan target yang kita harapkan, maka kita tidak lantas putus asa, karena kewajiban kita adalah berupaya. Berupaya dan berupaya
Hidup tidak mengajarkan untuk berjalan mundur.Namun masa lalu adalah pengalaman, dan jejak sejarah untuk menapaki hari esok yang lebih baik.Menatap masa depan,menyongsong fajar pagi adalah cerminan hidup kerja keras dan optimis.Tapi menoleh kebelakang,menengok ke kaca spion adalah juga cerminan kehati-hatian dan waspada.
Tak perlu kita terpuruk oleh kesalahan masa lalu.Tak seharusnya kita hancur oleh hari kemaren. Semoga masih akan selalu ada hari esok bagi kita yang sadar dan bangkit.
Menyesal memang perlu tapi mari kita introspeksi diri.Sungguh kita memiliki begitu banyak keterbatasan dan kekurangan.Juga kesalahan.Tapi marilah semua potensi yang Tuhan berikan pada kita untuk kita manfaatkan secara maksimal.Ingat,semua makhluk tercipta karena ada manfaat yang Tuhan ciptakan.Sampah,virus hingga bakteri sekalipun semua tercipta ada manfaat dan hikmahnya.
Pada akhirnya,semoga dengan lima perkara yang kita punya maka akan selalu kita pergunakan untuk hal positif demi masa depan yang lebih baik.Tentunya sebelum datang yang lima perkara.
SEMOGA ALLAH SWT SELALU MEMBERI BERKAH PADA KITA. AMIIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar