Jumat, 31 Agustus 2012

sedekahkan hartamu yang terbaik

Sedekahkan Hartamu Yang Terbaik Menurut mu

Allah Berfirman Pada Surat Al – Baqaroh ; Ayat 267

 Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.
Dari penggalan ayat diatas, mari Kita lakukan pembahasan seperti yang telah dijelaskan pada Tafsir Ibnu Katsir :
Yakni Jangan kalian sengaja memilih yang buruk – buruk untuk dinafkahkan sebagai sedekah kalian. Seadainya kalian diberi yang buruk tersebut, niscaya kalian sendiri tidak mau menerimanya kecuali dengan memicingkan mata terhadapnya.  Allah Maha Kaya terhadap hal seperti itu dari kalian, maka janganlah kalian menjadikan Allah apa-apa yang kalian tidak sukai.
Atau yang bisa dijadikan tren oleh para koruptor. Bahwa saya tidak mau menanggung dosa korupsi ini sendirian, kalau begitu akan lebih baik jika sebagaian saya akan sumbangan kepada pembangunan masjid, santunan yatim piatu, atau sekedar bersedekah kepada fakir.  Aku tidak mau memakan harta haram ini sendirian, jadi dengan berbaik hati  barang haram ini saya nafkahkan dijalan Allah, sebagai pengurang rasa bersalah saya.
Atau mungkin diantara teman – teman semua ada yang sedikit, memicingkan mata terhadap sesuatu yang anda hasilkan bahkan jika anda diberi benda ini secara gratis, anda pun tidak mau. Tapi karena ada pemiliki benda / harta ini, lebih baik anda sedekahkan saja, hati hati dikhawatirkan anda tergolong pada orang – orang yang dikategorikan pada ayat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar